Jumat, 11 Oktober 2013

SHOLAT JAMA' DAN SHOLAT QOSHOR


SHOLAT JAMA’ DAN SHOLAT QOSHOR


MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas UTS
Mata Kuliah : Fiqih
Dosen Pengampu : Ibu Kurnia Muhajaroh M.S.I




 Disusun Oleh:
Siti Eli Arifah                                    ( 123111143 )

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2013
I.                   PENDAHULUAN
Sholat merupakan rukun islam yang kedua setelah syahadat. Diwajibkan kepada seorang muslim untuk melaksanakan ibadah sholat. Abdullah bin Umar R.A  berkata: Rasulullah SAW bersabda:
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
“Islam dibangun atas lima pondasi: Yaitu persaksian bahwa tidak ada sembahan (yang berhak disembah) melainkan Allah, bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa ramadhan.” (HR. Al-Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16)
Dalam menjalankan kewajiban sholat tidak memandang bulu, artinya dalam keadaan apapun dimanapun seorang muslim jika sudah tiba waktunya sholat maka dengan segera memenuhi panggilan Allah. Adapun jika seseorang memiliki udzur yang menghalangi ibadah sholat tersebut Allah memberikan kemudahan baginya, seperti ibadahnya orang yang dalam perjalanan, sakit, dan menderita sakit yang sangat.
II.                RUMUSAN MASALAH
A.    Apa yang dinamakan dengan sholat Jama’ dan sholat Qoshor?
B.     Kenapa sholat Jama’ dan sholat Qoshor itu ada ? Apa hukumnya ?
C.     Apa ketentuan, syarat melakukan sholat Jama’ dan sholat Qoshor ?
D.    Bagaimana tata cara melaksanakan sholat Jama’ dan sholat Qoshor ?
E.     Dalam keadaan apa seseorang diperbolehkan Jama’ sholat dan Qoshor sholat?

III.             PEMBAHASAN
A.    Pengertian sholat Jama’ dan sholat Qoshor
1.      Sholat Jama’
Menurut bahasa kata Jama’ berasal dari bahasa arab ( الجمع ) yang bermakna pengumpulkan, penghimpunan.[1] Secara istilah adalah mengumpulkan dua sholat fardhu dalam satu waktu.
Macam sholat Jama’ ada 2 yakni :
a). Jama’ Taqdim, adalah mengumpulkan dua sholat fardhu di waktu sholat yang pertama. Seperti melakukan sholat ashar didalam waktu sholat dhuhur, dan sholat isya’ di dalam waktu sholat maghrib.
b). Jama’ Takhir, adalah melakukan sholat dengan mengumpulkan sholat dhuhur pada waktu sholat ashar, dan melakukan sholat maghrib di waktu sholat isya’. [2]
2.   Sholat Qoshor
Qoshor berasal dari kata ( قَصَرَ – قَصْرًا ) yang bermakna meringkas.[3] Sholat Qoshor adalah sholat yang diringkas dari empat menjadi dua raka’at. Dan sholat yang boleh diqoshor hanyalah sholat yang jumlah raka’atnya empat bukan yang tiga atau yang dua raka’at.[4]

B.     Hukum sholat Jama’ dan Qoshor
1.      Hukum sholat Jama’
Hukum melaksanakan sholat Jama’ boleh bagi musafir. Mubah dalam perjalanan yang jauh sesuai dengan ketentuan. [5] orang yang sudah melakukan sholat jama’ tidak diwajibkan mengulang sholatnya kembali ketika pulang dari safar atau sembuh dari sakit.
2.      Hukum sholat Qoshor
Empat imam madzhab sepakat tentang dibolehkannya meng-qoshor sholat dalam satu perjalanan. Seperti yang di firmankan Allah dalam QS. An Nisa’ ayat 101.
واذا ضربتم فى الارض فليس عليكم جناح ٲن تقصروا من الصلواة ٳن خفتم ٲن يفتنكم الذين كفروا ۚ ٳن الكفرين كانوا لكم عدوا مبينا ۝
Namun mereka berbeda pendapat tentang kedudukan qoshor sebagai azimah ataukah rukhsoh. Imam Hanafi berpendapat: ia adalah ‘azimah dan ditetapkan dalam safar. Imam Maliki, Imam Syafi’I, dan Imam Hanbali berpendapat bahwa qoshor adalah rukhsoh dalam suatu perjalanan untuk tujuan halal.[6]
Hukum meng-Qoshor sholat dapat dibedakan kembali sebagai berikut:
a.       Boleh (Jawaz). Yaitu bagi mereka yang telah mencapai jarak perjalanan diperbolehkan Qoshor. Atau bagi mereka yang selalu bepergian baik darat, laut, ataupun udara. Dalam jarak yang telah ditentukan mereka sunnah / lebih baik melakukan Qoshor[7]
b.      Lebih utama (afdhol) melakukan Qoshor, yaitu jika jarak tempuh telah mencapai 3 marhalah atau lebih.
c.       Wajib, yaitu apabila perjalanan sudah mencapai jarak yang diperbolehkan Qoshor dan waktu sholat hanya cukup digunakan untuk meng-Qoshor sholat.[8]
Orang yang melakukan jama’ sholat dan qoshor ini pahalanya seperti orang yang melakukan sholat ‘ada sebelumnya, tidak diperintahkan untuk mengqodlo sholatnya bagi musafir yang telah kembali dari safarnya.
C.    Ketentuan dan syarat sah melakukan sholat Jama’ dan Sholat Qoshor
a). Ketentuan jarak perjalanan
Diperbolehkan menjama’ dan megqoshor sholat apabila perjalanannya sudah mencapai jarak 16 farsakh atau 48 mil Hasyimiyyah.
16 farsakh = 48 mil, 1 farsakh = 3 mil, 1 mil = 6.000 dziro’, 1 dziro’ = 24 jari tangan.[9] Dalam penentuan jarak terdapat perbedaan pendapat, yaitu
Ø  Menurut mayoritas Ulama’                 : 119,99 km
Ø  Menurut kitab Fath al-Qadir               : 80,65 km
Ø  Menurut kitab al-Fiqh al-Islami          : 88,74 km
Ø  Menurut Ulama’ Hanafiyah                : 3 marhalah, yaitu 24 farshakh

يحيى بن مزيد قال : ساءلت ٲنسا عن قصر الصلاة فقال : (( كان رسول الله ص. م. ٳذا خرج ثلاثة ٲميال ٲو ثلاثة فراسخ صلى ركعتين )) رواه مسلم[10]

Adapun untuk ketentuan jumlah hari ulama empat madzhab bersepakat dalam perjalanan 3 hari lebih utama dilakukan Qoshor.[11] 
b). Syarat-syarat sholat Jama’
Dalam pelaksanaannya sholat Jama’ ada 2 cara yaitu Jama’ Taqdim dan Jama’ Ta’khir yang masing-masing memiliki syarat tertentu.
1.      Syarat sah sholat Jama’ Taqdim sebagai berikut :
Ø  Memulai dengan sholat dzuhur terlebih dahulu kemudian ashar, sholat maghrib terlebih dahulu kemudian isya’.
Ø  Niat Jama’ dalam sholat yang pertama, ( pada waktu takbirotul ihromnya sholat yang pertama atau ditengah sholat sampai sebelum salam )
Ø  Antara sholat yang pertama dan yang kedua harus beruntun, tidak boleh berselang lama (Muwalah). Imam Ramli memberikan batasan Muwalah yaitu waktu diantara dua sholat yang di jama’ tadi tidak melebihi waktu untuk digunakan sholat dua roka’at.[12]
Ø  Bepergian (safar) masih berlangsung hingga takbirotul ihrom yang kedua.
Ø  Harus memiliki dugaan kuat (Dzon) bahwa sholat yang pertama itu sah. Seperti pada sholatnya mustahadhoh mu’taddah ghoiru mumayyizah mutahayyiroh. Jika ragu maka sholat jama’ Taqdimnnya tidak sah.
Ø  Mengerti hal-hal yang membolehkan jama’.[13]
2.      Syarat sah sholat Jama’ Takhir
Ø  Niat jama’ Takhir  dilakukan pada waktu sholat yang pertama sampai pada waktu yang cukup untuk melakukan sholat ada’ satu raka’at. Adapun contoh niat menjama’ takhir ialah
a.       Niat Jama’ Takhir dzuhur dan ashar
نويت جمع الظهر الى العصر تاء خيرا لله تعالى
b.      Niat Jama’ Takhir maghrib dan isya’
نويت جمع المغرب الى العشاء تاء خيرا لله تعالى
Ø  Masih dalam keadaan bepergian (safar) hingga kedua sholat selesai. Jadi apabila musafir bermuqim sebelum kedua sholat selesai, maka sholat yang pertama hukumnya qodho.[14]
c). Syarat Sahnya Sholat Qoshor
Ø  Perjalanan bukan untuk melakukan maksiat. Mempunyai tujuan yang jelas dan benar menurut syara’. Bisa berupa perjalanan wajib seperti bepergian jauh untuk membayar hutang, perjalanan sunnah seperti menjenguk orang sakit, dan perjalanan mubah seperti bepergian untuk berdagang barang yang halal.
Ø  Jarak yang ditempuh jauh (16 farsakh) atau sesuai dengan batas jarak perjalanan yang telah ditentuka diatas
Ø  Melakukan qoshor sholat pada yang jumlah raka’atnya 4
Ø  Berniat Qoshor sholat bersama takbirotul ihrom, serta mengetahui tentang diperbolehkannya meng-qoshor
Ø  Tidak makmum kepada imam yang mendirikan sholat sempurna (muqim).[15]

D.    Tata cara melaksanakan sholat Jama’ dan Sholat Qoshor
1). Cara melaksanakan sholat Jama’
a.       Sholat Jama’ Taqdim
o  Dilakukan pada waktu sholat yang pertama. Yakni dengan menggabungkan sholat ashar dengan dhuhur dan dilakukan pada waktu dhuhur.  Begitupula dengan sholat maghrib dan isya’.
o  Contoh niat sholat Jama’ Taqdim antara dzuhur dan ashar.
§  Niat sholat dzuhur
ٲصلى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تقديم مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
§  Niat sholat ashar
ٲصلى فرض العصر أربع ركعات مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
o  Contoh niat sholat Jama’ Taqdim maghrib dan isya’
§  Niat sholat maghrib
ٲصلى فرض المغرب ثلاث  ركعات مجموعا بالعشاء جمع تقديم مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
§  Niat sholat isya’
ٲصلى فرض العشاء أربع ركعات  مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى[16]

b.      Sholat Jama’ Takhir
o   Dalam niatnya sholat Jama’ takhir sama seperti niat sholat yang tidak di jama’. Hanya saja dari keterangan sebelumnya disyaratkan  untuk berniat menjama’ takhir.
o   Sama dengan jama’ taqdim, sholat jama’ takhir juga boleh dilakukan sendiri atau berjama’ah.
2). Cara melaksanakan sholat Qoshor
o   Berniat Qoshor  pada sholat yang jumlah raka’atnya 4 saja.
Adapun niatnya sebagai berikut.
§  Sholat dzuhur
ٲصلى فرض الظهر قصرا لله تعالى ̸ أصلى فرض الظهر ركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى

§  Sholat ashar
ٲصلى فرض العصر قصرا لله تعالى ̸ أصلى فرض العصر ركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى

§  Sholat isya’
ٲصلى فرض العشاء قصرا لله تعالى ̸ أصلى فرض العشاء ركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
o   Dilakukan pada waktu sholat (‘ada )
3). Cara melaksanakan sholat Jama’ Qoshor
Merupakan suatu keistimewaan dari Allah bagi hamba-Nya yang melakukan perjalanan jauh berupa keringanan dalam ibadah sholat. Melakukan ibadah sholat fardlu dengan di jama’ dan juga di qoshor sekaligus.
 Pelaksanaan sholat jama’ qoshor ini terbagi menjadi dua:
a.       Sholat Jama’ Taqdim dan Qoshor
§  Niat sholat Jama’ Taqdim dan Qoshor antara dzuhur dan ashar
o   Niat sholat dzuhur
ٲصلى فرض الظهر ركعتين مجموعا بالعصر جمع تقديم مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
o   Niat sholat ashar
ٲصلى فرض العصر ركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
§  Niat sholat Jama’ Taqdim dan Qoshor antara maghrib dan isya’
o   Niat sholat maghrib
ٲصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعشاء جمع تقديم مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
o   Niat sholat isya’
ٲصلى فرض العشاء ركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى

b.      Sholat Jama’ Takhir dan Qoshor
§  Niat sholat Jama’ Takhir dan Qoshor  antara dzuhur dan ashar
o   Niat sholat dzuhur
ٲصلى فرض الظهرركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
o   Niat sholat ashar
ٲصلى فرض العصر ركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
§  Niat sholat Jama’ Takhir dan Qoshor antara maghrib dan isya’
o   Niat sholat maghrib
ٲصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى
o   Niat sholat isya’
ٲصلى فرض العشاء ركعتين مستقبل القبلة ( ٳماما ̸ ماءموما ) لله تعالى[17]



E.     Hal-hal yang membolehkan Sholat Jama’ dan sholat Qoshor
Hal-hal yang menyebabkan seseorang bolrh melakukan sholat Jama’ ataupun sholat Qoshor antara lain:
a). Musafir
Yakni seseorang yang melakukan perjalanan jauh kira-kira 16 farsakh, maka  diperbolehkan menjama’ sholat dan Qoshor. Hal ini sesuai dengan kaidah fiqh bahwasanya sesuatu keadaan sempit, sulit menuntut pada kemudahan (al-masyaqqotu tajlibu at-taisir). Ketika musafir dalam perjalanan jauhnya diperbolehkan menjama’ dan qoshor sholat yang tata caranya telah dijelaskan diatas.
Akan tetapi tidak semua perjalanan jauh bisa dijadikan alasan bagi seseorang melakukan kebolehan tersebut berupa jama’ dan qoshor sholat. Sebagai gambarang nyatanya, musafir yang yang melakukan perjalanan untuk berziarah di makam wali Allah, maka diperbolehkan. Demikian juga tentang pengemudi kendaraan yang terus-menerus bermusafir seperti sopir luar kota, maka boleh mengqoshor dan berbuka puasa (Ramadhan). Demikian ini pendapat dari Imam Hanafi, Imam Syafi’I, Imam Maliki.[18] Dan lebih baiknya lagi jika suatu perjalanan itu telah menjadi rutinitas baiknya tidak menjama’ atau mengqoshor sholat.
lalu bagaimana dengan sekarang yang alat transportasi mudah dijangkau dan untuk mencapai tujuan yang jauh tak lagi memakan banyak waktu? Dalam hal ini mari kembalikan kepada pengertian awal. Jika sekarang orang ingin pergi ke luar kota atau pulau misalkan dari semarang menuju ke Jakarta, dengan menggunakan pesawat akan cepat sampai. Masihkan diperbolehkan melakukan jama’dan qoshor. Jawabannya masih diperbolehkan,dan lebih baik jika masih banyak waktu artinya tidak terdesak dengan hal lain selanjutnya lebih utama sholat seperti biasanya. Ini yang dinamakan kebolehan dari Allah bagi hamba-Nya.  
b). Hujan (Jama’ bil mathor)
Ketika turun hujan, boleh menjama’ sholat bagi orang yang tidak dalam bepergian. Seorang yang bermuqim boleh melakukan jama’ sholat namun dengan syarat-syarat yang telah ditentukan seperti berikut:
o   Dikerjakan pada waktu sholat yang pertama atau menggunakan Jama’ taqdim. Berniat Jama’ pada sholat yang pertama.
o   Air hujan mampu membasahi pakaian atau bagian bawah (misalnya tidak memiliki payung), atau air hujan menjadikan jalan licin.
o    Muwalah, beruntun antara dua sholat.
o   Hujan masih turun ketika memulai sholat yang pertama sampai setelah takbirotul ihrom sholat yang kedua.
o   Mendirikan sholat jama’ dengan jama’ah di masjid, atau tempat-tempat yang digunakan untuk berjama’ah yang jauh. Dimana musholli mendapati kepayahan jika tidak menjama’ sholatnya sebab jika pulang ke rumah dan hujan masih turun dikhawatirkan dia tidak bisa kembali ke masjid untuk menemui sholat berjama’ah.[19]
Bolehnya menjama’ karena hujan ditentukan bagi orang yang terbiasa sholat berjama’ah di suatu masjid dan yang datang dari tempat jauh. Sedangkan bagi orang yang berada dalam masjid atau yang sholat dirumahnya dengan berjama’ah atau rumahnya dekat dengan masjid, tidak dibolehkan. Demikian pendapat Imam Syafi’i.[20]
Menjama’ sholat bagi orang yang muqim boleh, yang telah terbiasa melakukan sholat secara berjama’ah. Sebab hujan tersebut membuat musholli kesulitan, begitu juga karena kondisi jalan yang licin atau banjir yang memberatkan, sehingga tidak memungkinkan baginya kembali ke masjid untuk ikut jama’ah sholat berikutnya. Dan hanya boleh melakukan jama’ taqdim saja.[21] Akan tetapi tidak diperkenankan menqoshor, karena qoshor dikhususkan bagi orang yang bepergian saja.
قال المصنف : ( يجوز الجمع بين الصلاتين في المطر في وقت الاولية منهما, لما روى ابن عباس قال : صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم الظهر والعصر والمغرب والعشاء جمعا من غير خوف ولا سفر. قال مالك : ارى ذلك فى المطر. وهل يجوز ان يجمع بينهما فى وقت الثانية ؟ فيه قولان. قال فى الاملاء: يجوز كالجمع فى السفر. وقال فى الام: لا يجوز. لانه اذا اخر ربما انقطع المطر فجمع من غيرعذر )[22]
Hadits diatas menerangkan diperbolehkannya menjama’ sholat karena hujan. Dari sahabat Abbas mengatakan Nabi pernah melakukan sholat jama’ dhuhur dan ashar, sholat maghrib dan isya’ tidak karena takut dan bepergian. Tentang pelaksanaan jama’ bolehkan jama’ ta’khir atau tidak? Ada dua pendapat, boleh karena seperti jama’nya orang yang dalam perjalanan. Dan yang lain tidak membolehkan, ketika mengakhirkan jama’nya seseorang tidak karena udzur karena acap kali hujannya sudah selesai. Dan sholatnya menjadi qodlo hukumnya.
c). Sakit
Orang yang sakit boleh melakukan jama’ taqdim atau jama’ ta’khir dan syarat jama’nya seperti orang yang bepergian.[23] Dan dia boleh mengambil salah satu yang lebih mudah bagi dirinya. Dalam arti apabila sakitnya sering kambuh di waktu sholat yang pertama, maka dia boleh menjama’ ta’khir dengan syarat niat jama’ ta’khir pada waktu sholat pertama dan masih meraskan sakit sampai selesai sholat yang kedua. Sebaliknya lagi, apabila sakitnya sering kambuh di waktu sholat yang kedua maka boleh menjama’ taqdim. adapun syaratnya seperti jama’ taqdim biasa dan masih merasakan sakit smapai takbirotul ihrom yang kedua.
ابن عباس قال: (( جمع رسول الله ص.م بالمدينة من غير خوف ولا مطر )) رواه مسلم[24]
Segolongan ulama’ muta’akhirin memberi batasan sakit yang sampai membolehkan jama’ adalah sakit yang mengabitkan kesulitan (masyaqqoh) untuk mendirikan sholat pada waktunya. Dan golongan ulama’ yang lain member batasan dengan adanya masyaqqoh yang jelas, yang lebih dari sekedar batasan yaitu sekira masyaqqoh tersebut sampai memperbolehkan duduk dalam mendirikan sholat, tidak berdiri.[25]
Jadi, tidak sembarang sakit yang bisa dijadikan alasan untuk melakukan jama’. Misalnya, orang sakit gigi yang sangat menyiksa, merasakan rasa pusing, nyeri yang sangat dan lama sembuhnya ketika kambuh, maka boleh menjama’ sholat.
Ini merupakan kemurahan Allah terhadap umatnya yang mau beriman. Maka sungguh beruntunglah kita dilahirkan dan termasuk golongan yang diberi petunjuk dan kasih sayang yang berlimpah. Selalu ada kemudahan bersama kesulitan. Jangan bersedih dan berputus asa dari rahmat-Nya. 


IV.             KESIMPULAN
Sholat Jama’ adalah mengumpulkan dua sholat fardlu dalam satu waktu. Macam sholat Jama’ ada dua:
o   Jama’ Taqdim
o   Jama’ Ta’khir
Sholat Qoshor adalah meringkas sholat fardlu yang 4 raka’at menjadi dua raka’at. Sholat Qoshor diperuntukkan bagi musafir saja.
Hukum sholat Jama’ adalah boleh. Dan hukum sholat Qoshor dibagi menjadi tiga yaitu, boleh (jawaz), lebih utama (afdlol), dan wajib. Ketentuan diperbolehkannya melakukan Sholat Jama’ dan sholat Qoshor 16 farshakh yang setara dengan 48 mil. Menurut mayoritas ulama’ 119,99 km.
Orang yang dalam perjalanan diperbolehkan melakukan sholat jama’ yang sekaligus di qoshor selama perjalanannya tidak untuk bermaksiat. Meskipun dalam perjalanannya menggunakan transportasi yang memudahkan sampai dengan waktu terjangkau. Dan bagi orang yang terbiasa melakukan perjalanan jauh.  Dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.
kemurahan Allah lainnya diberikan kepada orang yang bermuqim dibolehkan melakukan Jama’ sholat dikarenakan masyaqqoh berupa hujan dan juga sakit. Dalam sebuah hadits mengatakan bahwasanya Nabi pernah sholat jama’ tanpa sebab bepergian, sakit, takut, dan hujan. Namun Allah membebaskan hamba-Nya melakukan hal yang dia mampu kerjakan yang sesuai dengan syari’at-Nya.


V.                PENUTUP
Demikian makalah ini penulis susun guna memenuhi Ujian Tengah semester, apabila terjadi kekurangan dan kesalahan dalam penulisan, penulis mohon maaf. Kritik dan saran yang membangun penulis harapkan demi perbaikan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembacanya.

DAFTAR PUSTAKA
Ad-Dimasyqi, Muhammad bin Abdurrahman. 2004. Fiqih Empat Madzhab. Bandung: Hasyimi Press.
Ad-Dimyati, Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibarim dan Sayyid al-Bakri bin Sayyid M. Syato. I’anah al-tholibin.  Juz II. Bairut, Libanon: Daar al-Fikr.
Al-Bajuri, Ibrahim al-Bajuri. Hasyiyah al-Bajuri.  Juz 1. Semarang:  Thoha Putra.
An-Nawawi. Raoudhoh al-Tholibin. Juz 1. Bairut, Libanon: Daar al-Fikr.
Ar-Ramli, Shihabuddini. Nihayah al-Muhtaj. Juz II. Bairut, libanon: Daar al-Fikr.
Asatidz Madin Futuhiyyah & Pengurus Harian JTM. 2009. Kumpulan Makalah Praktik Ubudiyyah Dan Nikah. Kwagean: JTM.
As-Syathiri, Sayyid Ahmad bin Umar.  Al Yaqutun Nafis. Surabaya: Al Hidayah.
A.W Munawwir. 1997. kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.
Bin Syaraf, Imam Abi Zakariyya Muhyiddin. 1996. Al Majmu’ Syarh al-Muhaddzab. Juz 4. Bairut, Libanon: Daar al-Fikr.




[1] A.W Munawwir, kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997) cet. 14, hlm. 208
[2] Sayyid Ahmad bin Umar As Syathiri, Al Yaqutun Nafis, (Surabaya: Al Hidayah) hlm. 49
[3] A.W Munawwir. Op.cit. hlm. 1124
[4] Ibrahim al-Bajuri. Hasyiyah al-Bajuri. Juz 1. (Semarang: Thoha Putra), hlm. 202
[5] Ibrahim al-Bajuri. Ibid. hlm. 206
[6] Muhammad bin Abdurrahman ad-Dimasyqi. Fiqih Empat Madzhab, (Bandung: Hasyimi Press, 2004). hlm. 90
[7] An-Nawawi. Raoudhoh al-Tholibin. Juz 1, (Bairut, Libanon: Daar al-Fikr), hlm. 398
[8] Shihabuddin ar-Ramli. Nihayah al-Muhtaj. Juz II, (Bairut, libanon: Daar al-Fikr), hlm. 272
[9] Imam Abi Zakariyya Muhyiddin bin Syaraf. Al Majmu’ Syarh al-Muhaddzab. Juz 4, (Bairut, Libanon: Daar al-Fikr, 1996), hlm. 274
[10] Imam Abi Zakariyya Muhyiddin bin Syaraf. Ibid. hlm.276
[11] Muhammad bin Abdurrahman ad-Dimasyqi. Op.cit. hlm. 90
[12] Ibrahim al-Bajuri. Op.Cit, hlm. 207-208
[13] Sayyid Ahmad bin Umar As Syathiri. Op.cit. hlm. 49-50
[14] Ibrahim al-Bajuri, Op.Cit, hlm. 208
[15] Ibrahim al-Bajuri, Ibid, hlm. 203-206
[16] Asatidz Madin Futuhiyyah & Pengurus Harian JTM. Kumpulan Makalah Praktik Ubudiyyah & Nikah.  (Kwagean, Kediri: Jam’iyyah Tarbiyatul Mubtadi’in, 2009). hlm.100
[17] Asatidz Madin Futuhiyyah & Pengurus Harian JTM. Op.cit. hlm. 109-110
[18] Muhammad bin Abdurrahman ad-Dimasyqi. Op.cit. hlm. 91
[19] Ibrahim al-Bajuri. Op.cit. hlm. 209-210
[20] Muhammad bin Abdurrahman ad-Dimasyqi. Op.cit. hlm. 91
[21] Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syatiri. Op.cit. hlm. 50
[22] Imam Abi Zakariyya Muhyiddin bin Syaraf. Op.cit. hlm. 316-317
[23] Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiri. Op.cit. hlm. 50
[24] Imam abi Zakariyya Muhyiddin bin Syaraf. Op.cit. hlm. 321
[25] Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibarim dan Sayyid al-Bakri bin Sayyid M. Syato ad-Dimyati. I’anah al-tholibin.  Juz II. (Bairut, Libanon: Daar al-Fikr), hlm. 120

Tidak ada komentar:

Posting Komentar